in Progress…
|
UNIVERSITAS DIPONEGOROFAKULTAS SAINS DAN MATEMATIKADEPARTEMEN KIMIA / PROGRAM STUDI S2 KIMIA |
RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) |
Mata Kuliah (MK): |
Pemodelan Molekul
|
Kode: |
AKM22730 |
Bobot |
2 SKS |
Semester |
Genap |
Otorisasi GPM
|
Dosen Pengembang RPS / Pengampu MK |
Koordinator MK / RMK |
Ketua Program Studi |
|
Dr. Parsaoran Siahaan, MS. |
Dr. Parsaoran Siahaan, MS |
Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) |
CPL-Prodi: |
|
Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) |
CPL-MK: |
|
Deskripsi Singkat Matakuliah |
Pada bukunya “Molecular Modelling: Principles and Applications”, Leach (2001) menjelaskan bahwa pemodelan molekul dapat diartikan dari kedua kata molekular dan model. Molekular adalah dengan jelas menyatakan yang berhubungan dengan molekul. Model adalah penggambaran sistem atau proses yang diidealkan atau disederhanakan. Penggambaran ini sering dengan model persamaan matematika yang dipikirkan untuk memfasilitasi perhitungan dan perkiraan. Pemodelan molekul dapat dinyatakan dengan cara meniru perilaku molekul dan sistem molekular. Pemodelan molekul sederhana dapat dilakukan dengan model mekanik seperti pensil, kertas, dan perhitungan kalkulator. Namun saat ini, pemodelan molekul adalah dengan komputer atau komputasi yaitu perhitungan model persamaan matematika yang tidak dapat dapat dilakukan tanpa penggunaan komputer. Persamaan yang dapat menggambarkan sifat-sifat molekul adalah persamaan Kuantum. Misalnya konsep struktur molekul oleh Lewis harus dilenkapi dengan pendekatan teori kuantum (ab initio, DFT). Pemodelan molekul dapat mejelaskan geometri molekul, energi, muatan, spektra IR dan NMR, dan juga interaksi antarmolekul yang dibahas pada Kimia Supramolekul.
Selain ketiga bidang pemodelan molekul, kimia komputasi, dan kimia teori, terdapat bidang keempat yaitu informatika molekul (molecular informatics), dan terdiri dari dua sub-bidang yaitu chemoinformatics dan bioinformatics. Pada chemoinformatics atau cheminformatics, komputer digunakan untuk menyimpan, mengambil dan memanipulasi informasi tentang molekul. |
Kontribusi terhadap Bahan Kajian |
|
Materi Pembelajaran/Pokok Bahasan |
Topik-topik yang akan dibahas meliputi:
|
Pustaka |
Utama: |
|
|
Pendukung: |
|
|
Media Pembelajaran |
Perangkat lunak: |
Berbagai jenis software berbasis linux dan windows diantaranya Gromacs, AutoDock, NWCHEM, Chemcraft, dll. |
Perangkat keras: |
Komputer dengan OS linux dan windows intranet dan internet, LCD dan Bahan Ajar
|
Team Teaching |
||||
Matakuliah syarat |
Minggu ke |
Sub CP-MK (Kemampuan Akhir yang diharapkan tiap tahapan pembelajaran) |
Materi Pembelajaran atau Bahan Kajian (BK) / Pokok Bahasan (PB) |
Metode Pembelajaran |
Waktu |
Pengalaman Belajar Mahasiswa |
1 |
a. Ceramah.
b. Discovery Learning, Cooperative Learning. |
Pertemuan 1:TM=1x(3×50″)BT+BM= 1x(3×60″+3×60″) |
|||
Penilaian Pertemuan-1:
|
(a) Kriteria dan indikator: . | Bobot (%): 5 | |||
2-3 |
a. Ceramah.
b. Discovery Learning, Cooperative Learning. |
Pertemuan 2 dan 3TM=2x(3x 50″)BT+BM=2x[(3×60″) +(3×60”)] |
|||
Penilaian Pertemuan-2,3:
|
(a) Kriteria dan indikator: | Bobot (%): 10 | |||
4 |
a. Ceramah.
b. Problem Based Learning. |
Pertemuan 4TM=1 x(3x 50″)BT+BM:1x[(3×60″) +(3×60”)] |
|||
Penilaian Pertemuan-4:
|
(a) Kriteria dan indikator: | Bobot (%): 10 | |||
5,6 |
. |
a. Ceramah.b. Problem Based Learning. |
Pertemuan 5,6TM=2x(3x 50″)BT+BM:2x[(3×60″) +(3×60”)] |
||
Penilaian Pertemuan-5,6:
|
(a) Kriteria dan indikator: | Bobot (%): 10 | |||
7, 9 |
a. Ceramah.b. Problem Based Learning |
Pertemuan 7,9TM=2x(3x 50″)BT+BM:2x[(3×60″) +(3×60”)] |
|||
Penilaian Pertemuan-7,9:
|
(a) Kriteria dan indikator:
. |
Bobot (%): 25 | |||
8 |
Ujian |
Tengah |
Semester |
atau |
UTS |
10-11 |
a. Ceramah.b. Problem Based Learning. |
Pertemuan 10-11TM=2x(3x 50″)BT+BM:2x[(3×60″) +(3×60”)] |
. |
||
Penilaian Pertemuan-10,11:
|
(a) Kriteria dan indikator: | Bobot (%): 20 | |||
12-15 |
a. Ceramah.b. Problem Based Learning. |
Pertemuan 10-11TM=2x(3x 50″)BT+BM:2x[(3×60″) +(3×60”)] |
|||
Penilaian |
(a) Kriteria dan indikator: | Bobot (%): 30 | |||
16 |
Ujian |
Akhir |
Semester |
atau |
UAS |