(7) Kimia Zat Padat Lanjut

in Progress…

UNIVERSITAS DIPONEGORO

FAKULTAS SAINS DAN MATEMATIKA

DEPARTEMEN KIMIA / PROGRAM STUDI S2 KIMIA

RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS)

Mata Kuliah (MK):

Kimia Zat Padat Lanjut

Kode:

AKM22727

Bobot

2 SKS

Semester

Genap

Otorisasi GPM

Dosen Pengembang RPS / Pengampu MK

Koordinator MK / RMK

Ketua Program Studi

  1. Yayuk Astuti, S.Si, Ph.D
  2. Adi Darmawan, S.Si, M.Si, Ph.D

Yayuk Astuti, S.Si, Ph.D

Dr. Parsaoran Siahaan, MS

Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL)

CPL-Prodi:

  1. (S9) Menunjukkan sikap bertanggung-jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
  2. (PU1/KU1) Mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif melalui penelitian ilmiah, penciptaan desain atau karya seni dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan bidang keahliannya, menyusun konsepsi ilmiah dan hasil kajian berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam bentuk tesis atau bentuk lain yang setara, dan diunggah dalam laman perguruan tinggi, serta makalah yang telah diterbitkan di dalam jurnal ilmiah terakreditasi, atau diterima di jurnal internasional;
  3. (PU2/KU2)Mampu melakukan validasi akademik atau kajian sesuai bidang keahliannya dalam menyelesaikan masalah di masyarakat atau industri yang relevan melalui pengembangan pengetahuan dan keahliannya;
  4. (PU3/KU3) Mampu menyusun ide, hasil pemikiran, dan argumen saintifik secara bertanggung jawab dan berdasarkan etika akademik , serta mengkomunikasikannya melalui media kepada masyarakat akademik atau masyarakat luas;
  5. (PU4/KU4) Mampu mengidentifikasi bidang keilmuan yang menjadi obyek penelitiannya dan memposisikan ke dalam suatu peta penelitian yang dikembangkan melalui pendekatan interdisiplin atau multidisiplin;
  6. (PK1/KK1) Mampu melakukan pendalaman atau perluasan keilmuan kimia atau kimia terapan dengan menghasilkan model atau metode atau pengembangan teori yang akurat, teruji, inovatif;
  7. (K1/PP1) Menguasai teori struktur, sifat, energetika, kinetika, analisis, sintesis mikro- dan makromolekul dan terapannya.

Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL)

CPL-MK:

  1. (M1) Mampu menjelaskan …. (KU1, KU2, PP1)
  2. (M2) Mampu menjelaskan …. (KU1, KU2, PP1)
  3. (M3) Mampu menjelaskan ….. (KU1, KU2, PP1)
  4. (M4) Mampu menjelaskan …. (KU1, KU2, PP1)
  5. (M5) Mampu menjelaskan …
  6. (M6) Mampu menjelaskan …
  7. (M7) ….

Deskripsi Singkat Matakuliah

Mata Kuliah Kimia zat padat lanjut mempelajari tentang struktur, sifat, sintesis dan aplikasi zat padat. Dimulai dengan mempelajari tentang ikatan yang pada zat padat, struktur kristal, bidang kristal dan tipe struktur yang penting pada zat padat, kemudian dilanjutkan dengan cacat kristal, keadaan amorf dan diagram fasa. Setelah itu akan dibahas pula karakteristik material seperti sifat optik dan listrik.

Kontribusi terhadap Bahan Kajian

Materi Pembelajaran/Pokok Bahasan

Pembahasan meliputi:

  1. Ikatan pada Zat Padat : a. padatan ionik; b. padatan jaringan kovalen; c. ikatan logam dan teori pita;
  2. Struktur Kristal dan Kimia Kristal : a. unit sel dan sistem kristal; b. simetri; c. kisi dan Bravais; d. bidang kisi dan indeks miller; e. indeks arah kristal; f. struktur kristal;
  3. Beberapa Tipe Struktur Penting : a. rock salt; b. diamond; c. wurtzite; d. rutile; e. perovskite; f. spinel;
  4. Cacat Kristal: a. Asal usul dan tipe cacat kristal b. Senyawa non stoikiometri dan laurtan zat padat;
  5. Keadaan Amorf: a. proses sol gel; b. gelas; c. material semen; d. keramik;
  6. Diagram Fase : a. klasifikasi transisi fasa; b. kinetika dan faktor yang mempengaruhi transisi fasa; c. aturan fasa; d. sistem satu komponen; e. sistem dua komponen;
  7. Karakteristik Material : a. sifat optik; b. sifat listrik; c. sifat mekanik; d. sifat tahan panas

Pustaka

Utama:

  1. West, A. R., 2014, Solid State Chemistry and its Applications, 2nd Edition, John Wiley and sons.
  2. Fahlman, B. D., 2011, Materials Chemistry, 2nd Edition, Springer.
  3. Miessller, G. L., Fischer, P. J., Tarr, D. A., 2014, Inorganic Chemistry, 5th Edition, Pearson Education, Inc.

Pendukung:

  1. ….

Media Pembelajaran

Perangkat lunak:

Perangkat keras:

LCD dan Bahan Ajar

Team Teaching

Matakuliah syarat

Minggu ke

Sub CP-MK (Kemampuan Akhir yang diharapkan tiap tahapan pembelajaran)

Materi Pembelajaran atau Bahan Kajian (BK) / Pokok Bahasan (PB)

Metode Pembelajaran

Waktu

Pengalaman Belajar Mahasiswa

1,2,3

Mahasiswa mampu menguraikan (C4-menganalisis), mengkontruksi (P4) dan mendiskusikan (A2) jenis ikatan yang terjadi pada zat padat dan membandingkan (C4-menganalisis) antara satu jenis ikatan dengan ikatan yang lain.

Teori Kuantum (BK1), teori Struktur Atom/Molekul (BK4), Teori Keaktifan dan Kereaktifan Atom dan Molekul (BK5), Teori Interaksi Antarmolekul (BK6)/ Ikatan pada Zat Padat : a. padatan ionik; b. padatan jaringan kovalen; c. ikatan logam dan teori pita.
.
a. Ceramah.

 

 

 

b. Discovery Learning, Cooperative Learning.

Pertemuan 1,2,3:

TM=

3x(3×50″)

BT+BM= 3x(3×60″+3×60″)

a. Meringkas informasi
Bertanya (pengembangan, kritik)b. Belajar dengan menggali/ mencari informasi (inquiry) serta memanfaatkan informasi tersebut untuk memecahkan masalah faktual..

Penilaian Pertemuan-1,2,3:

(a) Kriteria: Ketepatan menjelaskan dan membedakan jenis-jenis ikatan-ikatan yang ada pada zat padat. Bobot (%): 20

4,5,6

Mahasiswa mampu menguraikan (C4-menganalisis), mengkontruksi (P4) dan mendiskusikan (A2) struktur kristal serta menghitung (C3) indeks miller untuk memprediksikan (C5) bidang kristal dan struktur kristal

Teori Kuantum (BK1), Toeri Struktur Atom/Molekul (BK4), Teori Interaksi Antarmolekul (BK6)/ Struktur Kristal dan Kimia Kristal : a. unit sel dan sistem kristal; b. simetri; c. kisi dan Bravais; d. bidang kisi dan indeks miller; e. indeks arah kristal; f. struktur kristal. a. Ceramah.

 

 

 

b. Simulasi, Discovery Learning, Cooperative Learning.

Pertemuan 4,5,6

TM=

3x(3x 50″)

BT+BM=

3x[(3×60″) +(3×60”)]

a. mendengarkan,
menulis
bertanya.b. Membahas dan menyimpulkan masalah/ tugas secara berkelompok.

Penilaian Pertemuan-4,5,6:

(a) Kriteria:

• Ketepatan menjelaskan komponen suatu kisi kristal
• Ketepatan menjelaskan perbedaan 7 bentuk kisi bravais • Ketepatan menghitung indeks miller dan menentukan bidang kristal serta struktur kristal.

Bobot (%): 20

7

Mahasiswa mampu mencirikan (C2) tipe-tipe struktur kristal yang penting seperti rock salt, diamond, wurtzie, rutile, perovskite dan spinel serta mampu mengklasifikasikan (A4) beberapa jenis material ke dalam kategori tersebut.

Teori Struktur Atom/Molekul (BK4), Teori Interaksi Antarmolekul (BK6)/ Beberapa Tipe Struktur Penting : a. rock salt; b. diamond; c. wurtzite; d. rutile; e. perovskite; f. spinel. a. Ceramah.

 

 

 

b. Discovery Learning, Cooperative Learning.

Pertemuan 7

TM=

1 x(3x 50″)

BT+BM:

1x[(3×60″) +(3×60”)]

a. Mendengarkan,
menulis
bertanya.

b. Belajar dengan menggali/ mencari informasi (inquiry) serta memanfaatkan informasi tersebut untuk memecahkan masalah faktual.

Penilaian Pertemuan-7:

(a) Kriteria:

• Ketepatan menjelaskan beberapa tipe struktur yang penting pada sebuah material zat padat.

Bobot (%): 10

8

Ujian

Tengah

Semester

atau

UTS

9,10

Mahasiswa mampu menguraikan (C4-menganalisis), mengkontruksi (P4) dan mendiskusikan (A2) cacat kristal baik asal usul maupun tipe cacat kristal yang ada serta mmapu memprediksi (C5) rumus molekul dari sebuah larutan zat padat.

Teori Kuantum (BK1), Teori Struktur Atom/Molekul (BK4), Teori Interaksi Antarmolekul (BK6)/ Cacat Kristal: a. Asal usul dan tipe cacat kristal b. Senyawa non stoikiometri dan larutan zat padat.

a. Ceramah.

 

 

 

b. Discovery Learning, Cooperative Learning.

Pertemuan 10-11

TM=

2x(3x 50″)

BT+BM:

2x[(3×60″) +(3×60”)]

a. Mendengarkan,
menulis
bertanya.

 

b. Belajar dengan menggali/ mencari informasi (inquiry) serta memanfaatkan informasi tersebut untuk memecahkan masalah faktual.

Penilaian Pertemuan-9,10:

(a) Kriteria:

• Ketepatan menjelaskan cacat kristal serta klasifikasinya

• Ketepatan mendiskripsikan mekanisme pembentukan larutan zat padat sesuai dengan jenisnya

• Ketepatan menghitung komposisi atom pada penentuan rumus molekul sebuah larutan zat padat.

Bobot (%): 15

11,12

Mahasiswa mampu menganalisa (C4) dan beberapa keadaan zat non kristal serta merancang (C6) pembuatan material tersebut.

Teori Energetika (BK2), Teori Struktur Atom/Molekul (BK4)/ Keadaan Amorf: a. proses sol gel; b. gelas; c. material semen; d. keramik.

a. Ceramah.

 

 

 

b. Discovery Learning, Cooperative Learning.

Pertemuan 11,12

TM=

2x(3x 50″)

BT+BM:

2x[(3×60″) +(3×60”)]

a. Mendengarkan,
menulis
bertanya.

 

b. Belajar dengan menggali/ mencari informasi (inquiry) serta memanfaatkan informasi tersebut untuk memecahkan masalah faktual.

Penilaian

(a) Kriteria:

• Ketepatan menjelaskan dan mendiskripsikan ciri-ciri zat padat non kristal (amorf) • Ketepatan menjelaskan mekanisme pembentukan dan fabrikasi beberapa zat padat non kristal yang meliputi gelas, semen dan keramik.

Bobot (%): 12

13

Mahasiswa mampu menginterpretasikan (C4-menganalisa) dan diagram fase serta mampu mengaplikasikasikan (C3) diagram fase tersebut untuk memprediksikan (C5) kondisi fabrikasi material zat padat.

Teori Energetika (BK2), Teori Kinetika (BK3)/ Diagram Fase : a. klasifikasi transisi fasa; b. kinetika dan faktor yang mempengaruhi transisi fasa; c. aturan fasa; d. sistem satu komponen; e. sistem dua komponen.

a. Ceramah.

 

 

 

b. Discovery Learning, Cooperative Learning.

Pertemuan 11,12

TM=

2x(3x 50″)

BT+BM:

2x[(3×60″) +(3×60”)]

a. Mendengarkan,
menulis
bertanya.

 

b. Belajar dengan menggali/ mencari informasi (inquiry) serta memanfaatkan informasi tersebut untuk memecahkan masalah faktual.

Penilaian

(a) Kriteria:

• Ketepatan menjelaskan diagram fasa dan faktor-faktor yang mempengaruhi diagram fasa

• Ketepatan dalam pengaplikasian diagram fase untuk memprediksikan kondisi sintesis material zat padat.

Bobot (%): 8

14,15

Mahasiswa mampu menguraikan (C4) sifat-sifat potensial zat padat serta mengkorelasikan (C4) dan menafsirkan (C5) sifat-sifat tersebut dengan aplikasi materialnya.

Teori Kuantum (BK1), Teori Struktur Atom/Molekul (BK4), Teori fasa gas dan zat padat/ Karakteristik Material : a. sifat optik; b. sifat listrik; c. sifat mekanik; d. sifat tahan panas.

a. Ceramah.

 

 

 

b. Discovery Learning, Cooperative Learning.

Pertemuan 11,12

TM=

2x(3x 50″)

BT+BM:

2x[(3×60″) +(3×60”)]

a. Mendengarkan,
menulis
bertanya.

 

b. Belajar dengan menggali/ mencari informasi (inquiry) serta memanfaatkan informasi tersebut untuk memecahkan masalah faktual.

Penilaian

(a) Kriteria:

• Ketepatan menjelaskan sifat-sifat potensial zat padat seperti sifat optik, sifat listrik, sifat mekanik dan sifat tahan panas

• Ketepatan mengkorelasikan dan menafsirkan sifat-sifat tersebut dengan aplikasi materialnya.

Bobot (%): 15

16

Ujian

Akhir

Semester

atau

UAS