in Progress…
|
UNIVERSITAS DIPONEGOROFAKULTAS SAINS DAN MATEMATIKADEPARTEMEN KIMIA / PROGRAM STUDI S2 KIMIA |
RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) |
Mata Kuliah (MK): |
Biomembran
|
Kode: |
AKM22724 |
Bobot |
2 SKS |
Semester |
Genap |
Otorisasi GPM
|
Dosen Pengembang RPS / Pengampu MK |
Koordinator MK / RMK |
Ketua Program Studi |
|
Dr. Dwi Hudiyanti, MSc. |
Dr. Parsaoran Siahaan, MS |
Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) |
CPL-Prodi: |
|
Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) |
CPL-MK: |
|
Deskripsi Singkat Matakuliah |
Dalam mata kuliah Biomembran akan dijabarkan bagaimana konsep struktur, termodinamika dan kinetika dalam ilmu kimia digunakan untuk menjelaskan perilaku dan fungsi membran dalam sistem biologi.
|
Kontribusi terhadap Bahan Kajian |
|
Materi Pembelajaran/Pokok Bahasan |
Pembahasan meliputi:
|
Pustaka |
Utama: |
|
|
Pendukung: |
|
|
Media Pembelajaran |
Perangkat lunak: |
– |
Perangkat keras: |
LCD dan Bahan Ajar
|
Team Teaching |
||||
Matakuliah syarat |
Minggu ke |
Sub CP-MK (Kemampuan Akhir yang diharapkan tiap tahapan pembelajaran) |
Materi Pembelajaran atau Bahan Kajian (BK) / Pokok Bahasan (PB) |
Metode Pembelajaran |
Waktu |
Pengalaman Belajar Mahasiswa |
1 |
a. Ceramah.
b. Discovery Learning, Cooperative Learning. |
Pertemuan 1:TM=1x(3×50″)BT+BM= 1x(3×60″+3×60″) |
|||
Penilaian Pertemuan-1:
|
(a) Kriteria dan indikator: . | Bobot (%): 5 | |||
2-3 |
a. Ceramah.
b. Discovery Learning, Cooperative Learning. |
Pertemuan 2 dan 3TM=2x(3x 50″)BT+BM=2x[(3×60″) +(3×60”)] |
|||
Penilaian Pertemuan-2,3:
|
(a) Kriteria dan indikator: | Bobot (%): 10 | |||
4 |
a. Ceramah.
b. Problem Based Learning. |
Pertemuan 4TM=1 x(3x 50″)BT+BM:1x[(3×60″) +(3×60”)] |
|||
Penilaian Pertemuan-4:
|
(a) Kriteria dan indikator: | Bobot (%): 10 | |||
5,6 |
. |
a. Ceramah.
b. Problem Based Learning. |
Pertemuan 5,6TM=2x(3x 50″)BT+BM:2x[(3×60″) +(3×60”)] |
||
Penilaian Pertemuan-5,6:
|
(a) Kriteria dan indikator: | Bobot (%): 10 | |||
7, 9 |
a. Ceramah.
b. Problem Based Learning |
Pertemuan 7,9TM=2x(3x 50″)BT+BM:2x[(3×60″) +(3×60”)] |
|||
Penilaian Pertemuan-7,9:
|
(a) Kriteria dan indikator:
. |
Bobot (%): 25 | |||
8 |
Ujian |
Tengah |
Semester |
atau |
UTS |
10-11 |
a. Ceramah.
b. Problem Based Learning. |
Pertemuan 10-11TM=2x(3x 50″)BT+BM:2x[(3×60″) +(3×60”)] |
. |
||
Penilaian Pertemuan-10,11:
|
(a) Kriteria dan indikator: | Bobot (%): 20 | |||
12-15 |
a. Ceramah.
b. Problem Based Learning. |
Pertemuan 10-11TM=2x(3x 50″)BT+BM:2x[(3×60″) +(3×60”)] |
|||
Penilaian |
(a) Kriteria dan indikator: | Bobot (%): 30 | |||
16 |
Ujian |
Akhir |
Semester |
atau |
UAS |