Customize Consent Preferences

We use cookies to help you navigate efficiently and perform certain functions. You will find detailed information about all cookies under each consent category below.

The cookies that are categorized as "Necessary" are stored on your browser as they are essential for enabling the basic functionalities of the site. ... 

Always Active

Necessary cookies are required to enable the basic features of this site, such as providing secure log-in or adjusting your consent preferences. These cookies do not store any personally identifiable data.

No cookies to display.

Functional cookies help perform certain functionalities like sharing the content of the website on social media platforms, collecting feedback, and other third-party features.

No cookies to display.

Analytical cookies are used to understand how visitors interact with the website. These cookies help provide information on metrics such as the number of visitors, bounce rate, traffic source, etc.

No cookies to display.

Performance cookies are used to understand and analyze the key performance indexes of the website which helps in delivering a better user experience for the visitors.

No cookies to display.

Advertisement cookies are used to provide visitors with customized advertisements based on the pages you visited previously and to analyze the effectiveness of the ad campaigns.

No cookies to display.

(8) Biomembran

in Progress…

UNIVERSITAS DIPONEGORO

FAKULTAS SAINS DAN MATEMATIKA

DEPARTEMEN KIMIA / PROGRAM STUDI S2 KIMIA

RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS)

Mata Kuliah (MK):

Biomembran

Kode:

AKM22724

Bobot

2 SKS

Semester

Genap

Otorisasi GPM

Dosen Pengembang RPS / Pengampu MK

Koordinator MK / RMK

Ketua Program Studi

  1. Dr. Dwi Hudiyanti, MSc.
  2. Dr. Retno Ariadi L, MSi.

Dr. Dwi Hudiyanti, MSc.

Dr. Parsaoran Siahaan, MS

Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL)

CPL-Prodi:

  1. (S9) Menunjukkan sikap bertanggung-jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
  2. (PU1/KU1) Mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif melalui penelitian ilmiah, penciptaan desain atau karya seni dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan bidang keahliannya, menyusun konsepsi ilmiah dan hasil kajian berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam bentuk tesis atau bentuk lain yang setara, dan diunggah dalam laman perguruan tinggi, serta makalah yang telah diterbitkan di dalam jurnal ilmiah terakreditasi, atau diterima di jurnal internasional;
  3. (PU2/KU2)Mampu melakukan validasi akademik atau kajian sesuai bidang keahliannya dalam menyelesaikan masalah di masyarakat atau industri yang relevan melalui pengembangan pengetahuan dan keahliannya;
  4. (PU3/KU3) Mampu menyusun ide, hasil pemikiran, dan argumen saintifik secara bertanggung jawab dan berdasarkan etika akademik , serta mengkomunikasikannya melalui media kepada masyarakat akademik atau masyarakat luas;
  5. (PU4/KU4) Mampu mengidentifikasi bidang keilmuan yang menjadi obyek penelitiannya dan memposisikan ke dalam suatu peta penelitian yang dikembangkan melalui pendekatan interdisiplin atau multidisiplin;
  6. (PU5/KU5) Mampu mengambil keputusan dalam konteks menyelesaikan masalah pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora berdasarkan kajian analisis atau eksperimental terhadap informasi dan data;
  7. (PU7/KU7) Mampu meningkatkan kapasitas pembelajaran secara mandiri;
  8. (PK1/KK1) Mampu melakukan pendalaman atau perluasan keilmuan kimia atau kimia terapan dengan menghasilkan model atau metode atau pengembangan teori yang akurat, teruji, inovatif;
  9. (K1/PP1) Menguasai teori struktur, sifat, energetika, kinetika, analisis, sintesis mikro- dan makromolekul dan terapannya.

Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL)

CPL-MK:

  1. (M1) Mampu menjelaskan …. (KU1, KU2, PP1)
  2. (M2) Mampu menjelaskan …. (KU1, KU2, PP1)
  3. (M3) Mampu menjelaskan ….. (KU1, KU2, PP1)
  4. (M4) Mampu menjelaskan …. (KU1, KU2, PP1)
  5. (M5) Mampu menjelaskan …
  6. (M6) Mampu menjelaskan …
  7. (M7) ….

Deskripsi Singkat Matakuliah

Dalam mata kuliah Biomembran akan dijabarkan bagaimana konsep struktur, termodinamika dan kinetika dalam ilmu kimia digunakan untuk menjelaskan perilaku dan fungsi membran dalam sistem biologi.
Pembahasan meliputi:

  1. Struktur dan Komposisi Biomembran.
  2. Struktur dan sifat Membran Lipida.
  3. Karakterisasi dan struktur Dasar Membran Protein.
  4. Asimetri dalam Membran.
  5. Dinamika Molekul Membran dan interaksi Protein-Lipida.
  6. Membran Enzimologi.
  7. Interaksi Molekul dengan Membran.

Kontribusi terhadap Bahan Kajian

Materi Pembelajaran/Pokok Bahasan

Pembahasan meliputi:

  1. Konfigurasi dan Konformasi Biomolekul
  2. Gaya yang mempengaruhi konformasi biomolekul
  3. Interaksi intra dan intermolekul
  4. Termodinamika dan kinetika struktur swarakit (self-assembly)
  5. Kimia Biofisik Protein dan Asam nuleat
  6. Metode Analisis biomolekul
  7. Bioinformatika

Pustaka

Utama:

  1. Gennis, R.B., 1989, Biomembranes: Molecular Structure and Function, Springer-Verlag.
  2. Hyvönen, M., 2001, Molecular Dynamics Simulations On Phospholipid Membranes, University of Oulu.
  3. Tien, H.T., dan Ottova-Leitmannova, 2000, Membrane Biophysics: As View from Experimental Bilayer Lipid Membranes (Planar Lipid Bilayers and Spherical Liposomes), Elsevier.
  4. Heimburg, T., 2007, Thermal Biophysics of Membranes, WILEY-VCH Verlag GmbH & Co. KGaA, Weinheim.
  5. O. Mouritsen, 2005, Life – as a Matter of Fat, Springer-Verlag, Heidelberg.
  6. Artikel-artikel yang relevan

Pendukung:

  1. ….

Media Pembelajaran

Perangkat lunak:

Perangkat keras:

LCD dan Bahan Ajar

Team Teaching

Matakuliah syarat

Minggu ke

Sub CP-MK (Kemampuan Akhir yang diharapkan tiap tahapan pembelajaran)

Materi Pembelajaran atau Bahan Kajian (BK) / Pokok Bahasan (PB)

Metode Pembelajaran

Waktu

Pengalaman Belajar Mahasiswa

1

a. Ceramah.

 

 

 

b. Discovery Learning, Cooperative Learning.

Pertemuan 1:

TM=

1x(3×50″)

BT+BM= 1x(3×60″+3×60″)

Penilaian Pertemuan-1:

(a) Kriteria dan indikator: . Bobot (%): 5

2-3

a. Ceramah.

 

 

 

b. Discovery Learning, Cooperative Learning.

Pertemuan 2 dan 3

TM=

2x(3x 50″)

BT+BM=

2x[(3×60″) +(3×60”)]

Penilaian Pertemuan-2,3:

(a) Kriteria dan indikator: Bobot (%): 10

4

a. Ceramah.

 

 

 

b. Problem Based Learning.

Pertemuan 4

TM=

1 x(3x 50″)

BT+BM:

1x[(3×60″) +(3×60”)]

Penilaian Pertemuan-4:

(a) Kriteria dan indikator: Bobot (%): 10

5,6

.

a. Ceramah.

 

 

 

b. Problem Based Learning.

Pertemuan 5,6

TM=

2x(3x 50″)

BT+BM:

2x[(3×60″) +(3×60”)]

Penilaian Pertemuan-5,6:

(a) Kriteria dan indikator: Bobot (%): 10

7, 9

a. Ceramah.

 

 

 

b. Problem Based Learning

Pertemuan 7,9

TM=

2x(3x 50″)

BT+BM:

2x[(3×60″) +(3×60”)]

Penilaian Pertemuan-7,9:

(a) Kriteria dan indikator:

.

Bobot (%): 25

8

Ujian

Tengah

Semester

atau

UTS

10-11

a. Ceramah.

 

 

 

b. Problem Based Learning.

Pertemuan 10-11

TM=

2x(3x 50″)

BT+BM:

2x[(3×60″) +(3×60”)]

.

Penilaian Pertemuan-10,11:

(a) Kriteria dan indikator: Bobot (%): 20

12-15

a. Ceramah.

 

 

 

b. Problem Based Learning.

Pertemuan 10-11

TM=

2x(3x 50″)

BT+BM:

2x[(3×60″) +(3×60”)]

Penilaian

(a) Kriteria dan indikator: Bobot (%): 30

16

Ujian

Akhir

Semester

atau

UAS