Semarang, 24 Pebruari 2019

Kunjungan Tim BAN-PT

Tim badan akreditasi nasional perguruna tinggi (BAN-PT) direktorat jenderal pendidikan tinggi (Dirjen Dikti) kementrian riset dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) yang terdiri dari Prof. Dr. Dyah Iswanti, M.ScAgr (IPB) dan Dra. Tjitjik Tjahjandarie, Ph.D (ITS) selama 3 hari, 24 s.d 26 Pebruari 2019 berkunjung ke Undip untuk memberikan supervisi, penilaian dan akreditasi program studi kimia jenjang magister (PSK-JM)/S2.

Tim BAN-PT tersebut diterima oleh rektor Undip, Prof. Dr. Jos Johan Utama, SH., M.Hum. di ruang sidang dekanat lantai 2 Fakultas Sains dan Matematika (FSM) Undip. Rektor didampingi wakil rektor bidang I, Prof. Dr. Zaenuri, DEA, dekan FSM Undip, Prof. Dr. Widowati, S.Si., M.Si, Ketua Departemen Kimia, Dr. Dwi Hudiyanti, M.Sc., Ketua program studi magister/S2 Kimia, Drs. Gunawan, M.Si., Ph.D., para wakil dekan (bidang I, II, III dan IV), sekretaris departemen, sekrearis program studi magister kimia dan beberapa tenaga kependidikan terkait yang dipelopori oleh ketua tata usaha.

 

Tim penilai BAN-PT Dikti ketika berkunjung ke Prodi S2 Kimia FSM Undip pada 24-26 Februari 2019. Tengah berbaju biru berpeci hitam: rektor Undip, Prof. Dr. Jos Johan Utama, SH., M.Hum. Sebelah kanan rektor berturut-turut: Prof. Dr. Dyah Iswantini, M.ScAgr (IPB, penilai) dan Dra. Tjitjik Tjahjandariie, Ph.D (ITS, penilai). Sebelah kiri rektor berturut-turut: Prof. Dr. Zaenuri, DEA (warek I), Prof. Dr. Widowati, S.Si., M.Si (Dekan FSM Undip), Drs. Gunawan, M.Si., Ph.D (Kaprodi S2 Kimia) dan Dr. Dwi Hidiyanti, M.Sc (Kadep Kimia, baju merah).

 

Dalam sambutannya, rektor mengatakan bahwa Undip merupakan salah satu perguruan tinggi negeri berbadan hukum (PTN-BH) yang telah mendapatkan peringkat akreditasi A dari BAN-PT Dikti. Dengan jumlah mahasiswa keseluruhan yang mencapai lebih dari 20.000 mahasiswa, Undip  terus berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas proses belajar mengajar di semua jenjang Pendidikan (S1, S2, S3, vokasi dan profesi), melengkapi sarana dan prasarana laboratorium dengan peralatan yang modern dan canggih, meningkatkan jumlah publikasi internasional terindeks Scopus, dan sebagainya. Dikatakan oleh rektor, Undip juga mentargetkan dapat masuk peringkat 500 besar dunia dalam 10 tahun kedepan.

Sementara itu dalam sambutan balasannya, Prof. Iswanti menyampaikan terima kasih atas sambutan hangat yang telah diberikan oleh rektor dan seluruh jajarannya, sambil berharap semoga prodi S2 kimia dapat memenuhi standar dan kualifkasi akreditasi yang sangat memuaskan.

 

Semarang, 8 Maret 2019

Syukuran bersama

Segenap dosen dan tenaga kependidikan (Tendik) Departemen Kimia beserta Ketua Prodi Magister Kimia dan Sekretaris periode 2019-2024 mengadakan acara makan siang bersama sebagai ungkapan rasa syukur atas selesainya semua prosesi akreditasi program studi kimia jenjang magister/S2. Dalam sambutannya, Ketua Departemen (Kadep) Kimia, Dr. Dwi Hudiyanti, M.Sc mengatakan semoga hasil jerih payah tim borang akreditasi yang diketuai oleh Dr. Parsaoran Siahaan, MS selaku ketua program studi magister kimia  periode 2014-2019 yang didampingi oleh sekretaris, Dr. Agustina L.N.A, S.Si., M.Si  dan diperkuat oleh beberapa dosen lain mendapatkan hasil yang sangat memuaskan.

Ibu-ibu dosen kimia FSM Undip sedang beramah tamah sejenak setelah makan siang
Dosen dan tendik kimia FSM Undip pada sesi foto bersama setelah makan siang
Ketua Departemen Kimia FSM Undip, Dr. Dwi Hudiyanti, M.Si sedang memberi sambutan

 

Sementara itu, Dr. Gunawan, M.Si., Ph.D dan Drs. Pratama Jujur Wibawa, M.Si., Ph.D yang masing-masing sebagai ketua dan sekretaris Prodi Magister Kimia periode 2019-2024 dalam kapasitasnya sebagai penyelenggara acara ini menyampaikan terima kasih kepada tim borang akreditasi, Kadep Kimia dan seluruh dosen kimia, tendik, mahasiswa dan semua  civitas akademika pada umumnya yang telah ikut membantu suksesnya pelaksanaan penyambutan dan pendampingan tim penilai akreditasi.